PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Aisyah, Siti and Eko, Risdianto and Indra, Sakti (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SITI AISYAH-A1E018026 (PENDIDIKAN FISIKA)_ - SITI AISYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning yang valid untuk melatih kemampuan kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapan define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data adalah teknik non tes yang menggunakan data observasi dan angket. Teknik analisis data adalah metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa dari setiap SMA Negeri 1, 4 dan 9 Kota Bengkulu dengan jumlah total 45 siswa untuk uji keterbacaan dan 3 validasi ahli untuk uji kelayakan produk. Berdasarkan hasil uji validasi ahli terhadap lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan tingkat validitas yaitu: pada aspek kelayakan isi sebesar 0.97 dengan kategori sangat tinggi, pada aspek tahapan berpikir kritis (FRISCO) sebesar 0.77 dengan kategori tinggi, pada aspek tahapan Problem Based Learning sebesar 0.79 dengan kategori tinggi, pada aspek kebahasaan sebesar 0.93 dengan kategori sangat tinggi, pada aspek penyajian sebesar 0.84 dengan kategori sangat tinggi, dan pada aspek kegrafikan sebesar 1.00 dengan kategori sangat tinggi. Selanjutnya, uji keterbacaan produk mendapatkan skor total yaitu 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid atau sangat layak dan berdasarkan uji keterbacaan oleh peserta didik mendapatkan respon positif atau sangat baik pada produk yang dikembangkan. Kata kunci: .Penelitian dan pengembangan, LKPD, Problem Based Learning, Keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:32
Last Modified: 16 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item