PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF TiO2 DAN BENZOFENON-3 DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI DARI METODE PEMANCINGAN

Utami, Erlyn Tri and Devi, Ratnawati and Eni, Widiyati (2019) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KRIM TABIR SURYA BERBAHAN AKTIF TiO2 DAN BENZOFENON-3 DENGAN BAHAN BAKU MINYAK KELAPA MURNI DARI METODE PEMANCINGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Erlyn Tri Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat minyak kelapa murni dengan metode pemancingan, karakterisasi kadar minyak, kadar air, kadar asam lemak bebas, bilangan peroksida serta dimanfaatkan dalam pembuatan krim tabir surya berbahan aktif TiO2 dan Benzofenon-3. Krim tabir surya dibuat dengan mengemulsikan fase air (gliserin, akuades dan trietanolamin) dan fase minyak (asam stearat, lanolin, setil alcohol, VCO). Krim tabir surya dibuat dengan 2 variasi % b/b bahan aktif yang berbeda. Variasi pertama yaitu dengan % b/b Benzofenon-3 tetap 2% dan variasi TiO2 0%, 2,0% dan 2,5%. Variasi kedua yaitu dengan % b/b TiO2 tetap 5% dan variasi Benzofenon-3 0%, 0,5% dan 1,0%. Krim yang telah dibuat dianalisis sifat-sifatnya seperti pH, homogenitas, viskositas, dan kestabilan serta uji in vitro nilai Sun Protection Factor (SPF). Nilai absorbansi yang dihasilkan digunakan untuk menghitung nilai SPF menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Petro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa murni yang dihasilkan memenuhi syarat mutu serta dapat digunakan dalam pembuatan krim. Konsentrasi TiO2 dan Benzofenon-3 mempengaruhi stabilitas krim tabir surya dan nilai SPF-nya. Semakin tinggi konsentrasi TiO2 dan Benzofenon-3 yang digunakan, maka nilai SPF semakin tinggi dan diperoleh sifat-sifat krim seperti pH, viskositas, homogenitas dan kestabilan memenuhi syarat mutu krim tabir surya yang baik Kata Kunci : Minyak Kelapa Murni, Krim Tabir Surya, TiO2, Benzofenon-3, Sun Protection Factor (SPF)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:55
Last Modified: 04 Nov 2019 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item