KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM LAYANAN PENGASUHAN ANAK DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TAZAKKA KOTA BENGKULU

Khalimah, Nur and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2023) KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM LAYANAN PENGASUHAN ANAK DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TAZAKKA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Nur Khalimah_PNF_2019 - Nur Khalimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keterlibatan Orangtua Dalam Layanan Pengasuhan Anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazakka Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian enam orang, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, data analisis menggunakan teknik validasi yaitu triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik. Landasan teori yang digunakan yaitu Sesuai dengan Standar Pelayanan Anak (SPA) yang sudah dibuat oleh TPA Tazakka secara terperinci orang tua anak asuh dalam berbagai kegiatan ikut terlibat diantaranya saat kedatangan, orang tua mengantarkan anaknya sampai anaknya duduk di ruang kelas, pada saat belajar outdoor orang tua juga terlibat untuk memberikan pengasuhan kepada anaknya sehingga orang tua tersebut dapat melihat secara langsung tumbuh kembang anak baik itu cara anak bersosialisasi dengan temannya selama di TPA dan untuk keterlibatan pulang, orang tua menjemput anaknya di TPA pada jam yang sudah ditentukan sesuai dengan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak (SPA) yang sudah dibuat oleh TPA Tazakka. Adapun kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah dalam kegiatan kedatangan anak yang terlibat adalah pengasuh dan orang tua, dimana orang tua mengantarkan anak sambil membantu membawakan barang anak sampai ke dalam kelas. Kegiatan pendidikan anak selama di TPA, dimana pengasuh pertama mengajarkan anak mengenal huruf, pengasuh kedua mengajarkan anak untuk kegiatan sholat dhuha anak ada peran pengasuh di TPA yang mengajarkan anak tata cara sholat dhuha di TPA dari mulai anak doa sebelum wudhu. Kegiatan istirahat dan tidur siang anak di TPA, untuk anak berusia di bawah satu tahun, mereka tidur lebih cepat, sehingga aktivitas istirahat dan tidur siang anak di TPA bergantian sesuai usia, jika anak yang berusia 3 tahun sampai 4 tahun mereka tidur di jam 12 siang, dan ketika anak-anak tidur siang ditemani oleh satu atau dua orang pengasuh supaya memastikan anak benar-benar sudah tidur atau belum. Kegiatan makan siang anak selama di TPA, pengasuh mendampingi anak-anak pada saat kegiatan makan, dimana pengasuh mengajari bahwa sebelum makan harus mencuci tangan terlebih dahulu, sebelum makan harus membaca doa, serta anak-anak dibelajarkan untuk memegang sendok sendiri. Kegiatan main outdoor (di luar ruangan) anak di TPA seperti anak bermain ayunan. Kata Kunci : Keterlibatan, Standar Pelayanan, Anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:25
Last Modified: 16 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20112

Actions (login required)

View Item View Item