ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ASET DAERAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Pada Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan

Andriani, Yuni and Willy, Abdillah and Trisna, Murni (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN ASET DAERAH KABUPATEN BENGKULU SELATAN (Studi Pada Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Yuni Andriani_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan perusahaannya, terlebih lagi dengan adanya persaingan pada era bisnis global saat ini. Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan pengembangan sumber daya manusia dengan baik dan optimal. Banyak cara atau metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan sumber daya manusianya. Salah satu yang dapat mendorong maju dan berkembangnya sebuah perusahaan didorong oleh kinerja karyawan yang terus menerus semakin baik. Keberhasilan perusahaan dikarenakan oleh kemajuan organisasi bergantung pada kreativitas karyawannya yang ditunjukkan dengan employee engagement yang tinggi. Selain itu juga, kepemimpinan akan selalu menjadi suatu faktor penting dalam menentukan maju mundurnya suatu perusahaan. Pemimpin harus mampu memberikan arahan visi masa depan, kemudian membawa semua karyawan untuk memahami visi tersebut, sehingga perusahaan secara keseluruhan memiliki kesiapan untuk menghadapi setiap hambatan yang menghadang. Pelatihan juga memiliki pengaruh yang besar dalam hal memberikan bekal kepada karyawan agar lebih kreatif dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian yang ingin diraih adalah (1) Untuk menguji pengaruh employee engagement terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu; (2) Untuk menguji pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu; dan (3) Untuk menguji pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu melalui observasi lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah karyawan tetap dengan jabatan Pelaksana serta telah bekerja minimanl 4 (empat) tahun yang berjumlah 173 orang dan diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil: (1) employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu. Hal ini bermakna, jika employee engagement meningkat, maka kinerja karyawan akan meningkat; (2) Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu. Hal ini bermakna, bahwa jika kepemimpinan vii meningkat, maka kinerja karyawan akan meningkat; dan (3) Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Bengkulu. Hal ini bermakna, jika pelatihan semakin meningkat, maka kinerja karyawan akan meningkat. Dari hasil penelitian dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh PT. Bank Bengkulu berkenaan dengan kinerja karyawannya, yakni: (1) Meningkatkan employee engagement karyawan dengan cara diadakan acara gathering ataupun wisata bersama. Selain itu juga perusahaan dapat memiliki sistem feedback atau masukan seperti penyelenggaraan survei secara berkala mengenai employee engagement untuk mencari tahu faktor apa saja yang mebuat karyawan memiliki rasa keterikatan yang kuat terhadap perusahaan. (2) Meningkatkan kepemimpinan dengan cara mengadakan kegiatan rutin untuk komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan; dan (3) Meningkatkan pelatihan dengan cara memberikan pelatihan yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:45
Last Modified: 19 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20133

Actions (login required)

View Item View Item