RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KENDALI CHARGE-DISCHARGE MULTI BATERAI PADA SOLAR HOME SYSTEM (SHS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

MELA, LUSIANTI and Reza, Satria Rinaldi and Alex, Surapati (2023) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KENDALI CHARGE-DISCHARGE MULTI BATERAI PADA SOLAR HOME SYSTEM (SHS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Mela Lusianti G1D019062_Teknik Elektro - Mela Lusianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam Solar Home System (SHS) yang dilengkapi dengan penyimpanan cadangan energi listrik. Dalam penggunaannya, sel baterai dapat mengalami kerusakan dalam jangka waktu yang cepat. Saat ini, untuk menghindari terjadinya kerusakan baterai yang disebabkan oleh overcharge dan overdischarge, belum dilengkapi dengan sistem yang dapat melakukan pengisian dan penggunaan baterai secara bergantian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang alat sistem kendali dua buah baterai dengan menggunakan relay dan sensor tegangan DC, serta sistem monitoring berbasis Internet of Things (IoT). Hasil pengujian sistem kendali menunjukkan bahwa baterai dapat melakukan pergantian pengisian dan penggunaan baterai secara otomatis. Proses sistem discharge baterai dilakukan ketika salah satu kondisi tegangan berada dalam rentang 11,9 volt sampai 13,8 volt dan sistem charge baterai dilakukan pada saat tegangan ≤11,8 volt. Selain itu, sistem monitoring menggunakan web server memiliki kecepatan rata-rata pengiriman data dari NodeMCU sebesar 1,26 detik. Dengan demikian, penelitian ini berhasil merancang sistem kendali baterai yang memiliki kinerja yang baik dan sistem monitoring tegangan baterai bekerja secara real-time. Sehingga, perancangan alat yang telah dibuat dapat diimplementasikan pada Solar Home System (SHS). Kata Kunci: Baterai, Sistem kendali, Sistem monitoring, Internet of Things

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:54
Last Modified: 19 Aug 2024 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item