UJI EFEKTIVITAS CARA PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK ORGANIK GRANULAR PABRIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS

Suhendri, Ayub Joko and Edhi, Turmudi and Herry, Gusmara (2019) UJI EFEKTIVITAS CARA PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK ORGANIK GRANULAR PABRIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Final.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya produktivitas jagung manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu penerapan teknologi budidaya tanaman yang belum sesuai, kondisi iklim, serta kesuburan tanah yang rendah. Salah satu upaya mengatasinya dengan penggunaan POG. Dosis dan cara pemupukan POG yang tepat diharapkan mampu membuat tanah menjadi optimal dan memperoleh produktivitas jagung manis yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis dan cara pemberian POG yang tepat pada pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2019 di lahan pekarangan, Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis POG yang terdiri dari tiga taraf yaitu D1 (1000 kg/ha), D2 (2000 kg/ha), dan D3 (3000 kg/ha). Faktor kedua adalah cara pemberian POG yang terdiri dari dua taraf yaitu diberikan dalam larikan dibenam (P1) dan diberikan melingkar sekitar batang di permukaan tanah (P2). Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan Analisis Varians (ANAVA) menggunakan uji F pada taraf 5%. Hasil uji F yang menunjukkan pengaruh nyata diuji lanjut dengan Uji BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan dosis POG 2000 kg/ha dengan cara pemberian dibenamkan dalam larikan menghasilkan pertumbuhan tertinggi pada tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang. Perlakuan dosis POG 2000 kg/ha dengan cara pemberian dibenamkan dalam larikan memberikan hasil tertinggi pada panjang tongkol berkelobot dan tanpa kelobot, bobot tongkol berkelobot dan tanpa kelobot, diameter tongkol berkelobot dan tanpa kelobot, dan bobot segar berangkasan dan bobot kering berangkasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:53
Last Modified: 05 Nov 2019 02:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item