ANALISIS SPASIAL-TEMPORAL HOTSPOT DEFORESTASI DI SULAWESI TAHUN 2001-2021

REFKI, JORGI PRADANA and Arie, Vatresia and Ferzha, Putra Utama (2023) ANALISIS SPASIAL-TEMPORAL HOTSPOT DEFORESTASI DI SULAWESI TAHUN 2001-2021. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1A019048_REFKI JORGI PRADANA_ANALISIS SPASIAL-TEMPORAL HOTSPOT DEFORESTASI DI SULAWESI 2001-2021_Compress - Refki Jorgi Pradana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ghambat kemampuan kawasan lindung yang ada dalam membendung hilangnya hutan. Mengidentifikasi distribusi deforestasi secara spasial dan temporal dapat membantu dalam pengambil keputusan menentukan prioritas konservasi. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh variabel topografi dan antropogenik terhadap pola hotspot deforestasi di dalam dan di luar kawasan lindung Pulau Sulawesi. Emerging Hotspot Analysis digunakan untuk mengidentifikasi hotspot deforestasi di Sulawesi dari tahun 2001-2021. Mengetahui perbedaan pola spasial�temporal hotspot deforestasi di Sulawesi ditetapkan dengan menggunakan decision tree. Di Sulawesi, terdeteksi tujuh pola hotspot deforestasi yaitu oscillating-73%; persistent-8%; intensifying-6%; diminishing-5%; historical-3%; sporadic-2%; dan new hotspot-2%. 97% hotspot terdeteksi di luar kawasan lindung dan 3% berada di perbatasan, dimana elevasi dan lereng berada pada posisi yang lebih rendah dan tekanan manusia yang tinggi. Oscillating, persistent, new, dan sporadic hotspot teridentifikasi di kawasan lindung di Sulawesi. Daerah dengan tekanan manusia yang tinggi (rata-rata jejak kaki manusia lebih dari 15,2) ditutupi oleh hotspot dengan kepadatan tinggi. Hasilnya mengidentifikasi lokasi-lokasi tertentu yang baru-baru ini mengalami deforestasi, dapat dikatakan sebagai prioritas konservasi. Disarankan agar kawasan lindung baru dibangun di lokasi-lokasi yang menunjukkan intensifying dan persistent hotspot yaitu lokasi dimana deforestasi telah terjadi selama lebih 18 tahun dari 21 tahun masa studi. Kata Kunci: Deforestasi, Sulawesi, Kawasan Lindung, Hotspot, Emerging Hotspot Analysis, Decision Tree.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:30
Last Modified: 19 Aug 2024 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20180

Actions (login required)

View Item View Item