Putri, Rahayu and Desi, Andreswari and Aan, Erlanshari (2023) PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA MOBILE-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BOGA DASAR DENGAN METODE PENGEMBANGAN ADDIE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
NASKAH SKRIPSI PUTRI RAHAYU_G1A018012 - Putri Rahayu.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile-learning sebagai media pembelajaran berbasis android yang sesuai kebutuhan dan kurikulum yang berlaku dengan menerapkan pendekatan metakognitif, serta mengetahui pengaruh pengguna mobile-learning untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pelajaran boga dasar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model ADDIE dan metode pengembangan sistem Prototyping. Aplikasi ini menyediakan interaksi dari siswa sebagai pengguna untuk melakukan latihan�latihan simulasi pembelajaran yang tergabung dalam fitur ruang belajar sehingga dapat menunjang pembelajaran boga dasar serta menyediakan soal-soal evaluasi pembelajaran. Berdasarkan uji prestasi pemahaman yang dilakukan pada 64 siswa di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) dari pre-test dan post-test uji wilxicon signed-rank, maka Ha diterima yang menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metakognitif dalam mobile-learning sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap aspek pemahaman siswa mengenai pembelajaran boga dasar. Penggunaan fitur-fitur pendekatan metakognitif dalam aplikasi mobile-learning membantu siswa memantau pemahamannya. Kata Kunci : Media pembelajaran, Pendekatan metakognitif, Mobile-learning, Android, Pre-test, Post-test, Boga Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20182 |
Actions (login required)
View Item |