PERTANGGUNGJAWABAN PEMILIK TOKO KEPADA KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN KOSMETIK PALSU DI PASAR TRADISIONAL MODERN KOTA BENGKULU

RISCHA, AMELIA and Candra, Irawan and Widiya, N Rosari (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PEMILIK TOKO KEPADA KONSUMEN TERHADAP PENJUALAN KOSMETIK PALSU DI PASAR TRADISIONAL MODERN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui peran BPOM dan Disperindag dalam pengawasan penjualan kosmetik palsu di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tanggung jawab pemilik toko terhadap kerugian yang dialami konsumen akibat penjualan kosmetik palsu di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Penentuan informan secara purposive. Pengamatan data melalui wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu terhadap penjualan kosmetik palsu di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu telah dilakukan secara intensif, dengan pengawasan rutin yang dilakukan dua kali dalam setahun. Sedangkan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu belum dilakukan secara intensif, karena waktu dari pelaksanaan pengawasan yang tidak menentu atau tidak terjadwal, serta belum ada data dan bukti bahwa Disperindag telah melakukan pengawasan terhadap penjualan kosmetik palsu di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu. (2) Pelaksanaan tanggung jawab pemilik toko terhadap kerugian yang dialami konsumen akibat penjualan kosmetik palsu di Pasar Tradisional Modern Kota Bengkulu yaitu dengan memberikan ganti rugi berupa uang kepada konsumen. Namun, pemberian ganti rugi berupa uang tersebut tidak setara nilainya dengan kerugian yang telah dialami konsumen. Kata kunci : Pertanggungjawaban, Pemilik Toko, Konsumen, Kosmetik Palsu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:10
Last Modified: 19 Aug 2024 05:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20184

Actions (login required)

View Item View Item