HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BENGKULU

Widyaningrum,, Siti Maryam and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2023) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SITI MARYAM WIDYANINGRUM (A1G026020) FKIP PGSD UNIB - Siti Maryam Widyaningrum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan persepsi tentang program profesi guru (ppg) dan kompetensi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bengkulu, angkatan 2018 semester 8 dan 2019 semester 6 berjumlah 213 dengan total sampelnya 135. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan propotional stratified random sampling dengan nomogram herry king untuk menentukan ukuran sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diakses melalui media online berupa google form. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, meliputi analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian di Kampus S1 PGSD FKIP UNIB, bahwa hasil analisis deskriptif persepsi mahasiswa tentang PPG, persepsi mahasiswa tentang kompetensi guru dan persepsi tentang minat menjadi guru adalah kategori sedang. Kemudian berdasarkan hasil analisis uji hipotesis bahwa (1) Persepsi mahasiswa tentang program PPG dengan minat menjadi guru memiliki korelasi dengan derajat kolerasi sedang yakni bernilai 0.465, bentuk hubungannya positif dan signifikan 0,000. (2) Persepsi mahasisa tentang kompetensi guru terhadap minat menjadi guru memiliki korelasi dengan derajat kolerasi sedang yakni bernilai 0,554, bentuk hubungannya positif dan signifikan 0,000. Kesimpulannya adalah (1) Terdapat hubungan positif persepsi mahasiswa tentang program PPG dengan kategori sedang terhadap minat menjadi guru yang juga berkategori sedang. (2) Terdapat hubungan positif persepsi mahasiswa tentang program Kompetensi Guru dengan kategori sedang terhadap minat menjadi guru yang juga berkategori sedang. Kata Kunci : Minat menjadi guru, Persepsi tentang program PPG, Kompetensi Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:30
Last Modified: 23 Aug 2024 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item