STUDI DESKRIPTIF TEKNIK GURU DALAM MENDONGENG CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU

Juliansyah, Wilky Putra and Abdul, Muktadir and Dalifa, Dalifa (2023) STUDI DESKRIPTIF TEKNIK GURU DALAM MENDONGENG CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI STUDI DESKRIPTIF TEKNIK GURU DALAM MENDONGENG CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU - Wilky Putra Juliansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik guru dalam mendongeng cerita rakyat pada siswa kelas II SDN 101 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seorang pendongeng yakni kepala sekolah SDN 101 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan member check. Teknik guru dalam mendongeng cerita rakyat terdiri dari teknik suara dan teknik tubuh. Teknik suara yang digunakan pendongeng yakni guru dalam mendongeng cerita rakyat pada siswa kelas II SDN 101 kota Bengkulu dapat dikatakan sesuai dengan teknik mendongeng. Teknik suara yang digunakan pendongeng dalam mendongeng cerita rakyat pada siswa kelas II SDN 101 kota Bengkulu mengacu pada teknik-teknik mendongeng. Pendongeng dalam mendongeng cerita rakyat ini menggunakan teknik suara yang terdiri dari mengolah pernapasan, mengolah vokal, intonasi dan juga tempo. Pada pengelolaan pernapasan pendongeng menggunakan pernapasan dasar, pernapasan perut, pernapasan dada, dan pernapasan diafragma. Pada pengelolaan vokal pendongeng menggunakan suara peurt dan suara kepala, selanjutnya pendongeng memiliki intonasi yang lantang disertai dengan kejelasan sehingga siswa mampu memahami makna yang tersirat dalam dongeng, terakhir berkaitan dengan tempo pendongeng menggunakan tekanan dinamik, tekanan nada, dan juga tekanan tempo. Teknik tubuh yang digunakan pendongeng yakni guru dalam mendongeng cerita rakyat pada siswa kelas II SDN 101 kota Bengkulu mampu memahami serta memiliki teknik tubuh yang meliputi konsentrasi, gesture atau gerak tubuh dan juga blocking. Pada bagian konsentrasi pendongeng mampu berkonsentrasi terhadap naskah dongeng dan juga mampu memusatkan konsentrasi siswa terhadap dongeng, selanjutnya pada bagian gerak tubuh atau gesture dan blocking pendongeng berhasil menggunakan teknik tubuh yang sesuai dengan sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Teknik, Suara, Tubuh, Bahasa, Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:30
Last Modified: 19 Aug 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20187

Actions (login required)

View Item View Item