ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN KELAS IV SD N 037 BENGKULU UTARA

Zalindra, Chofiva Wita and Puspa, Djuwita and Sri, Dadi (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN KELAS IV SD N 037 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WITA FIXXXi - Chofiva Wita Zalindra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Untuk dapat mengimplementasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran tema dengan siswa kelas IV PPKN SD N 037 Bengkulu Utara, maka model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw harus diterapkan dengan memperhatikan aktivitas guru, keterbatasan siswa dan guru, dan pengaruh guru dan murid. Dengan menjelaskan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tematik dengan muatan PPKN di SD Negeri 037 Bengkulu Utara, diterapkan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Guru dan siswa kelas IV SD N 037 tahun pelajaran 2021–2022 di Desa Pasar Ketahun, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara menjadi sumber data utama penelitian ini. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anak yang lebih energik cenderung mendominasi saat pembelajaran karena menurut penelitian guru kelas IV, ada anak yang kurang aktif di hampir setiap kelompok. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyuarakan pikirannya dengan memberikan jawaban untuk mendorong siswa yang lebih lambat mengungkapkan pendapatnya. Selain itu, siswa yang lebih terlibat dan aktif tidak memiliki dampak negatif dengan merasa kesulitan dalam mengimbangi siswa yang aktif. Siswa menghadapi tantangan dalam menyelesaikan materi yang diberikan dan membutuhkan bantuan guru untuk mendapatkan solusinya. Kata Kunci: Implementasi, Kooperatif, Jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:30
Last Modified: 19 Aug 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20188

Actions (login required)

View Item View Item