Yesni, Nur Sapri and Neza, Agusdianita and Irfan, Gustian (2023) PENGARUH PERMAINAN LOMPEK KODOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Text
SKRIPSI YESNI PGSD_compressed - Nur Sapri Yesni.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan lompek kodok berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVB dari SDN 20 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan IV SDN 99 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dan rubrik penilaian kemampuan komunikasi matematika. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil dari penilaian ini menunjukkan nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (5,26) > ttabel (2,00). Pengujian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hasil disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan lompek kodok berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Kata Kunci: Permainan Lompek Kodok, Kemampuan Komunikasi Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20189 |
Actions (login required)
View Item |