PENERAPAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI WARISAN BUDAYA TAKBENDA PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI BENGKULU)

Nabilatul, Balqis and Desi, Andreswari and Funny, Farady Coastera (2023) PENERAPAN METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI WARISAN BUDAYA TAKBENDA PROVINSI BENGKULU BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Naskah Skripsi_G1A019074 NABILATUL BALQIS_fix1 - nabilatul balqis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Warisan budaya takbenda yaitu warisan budaya yang bersifat tak dapat dipegang yang dapat berlalu dan hilang seiring perkembangan zaman. Warisan budaya takbenda diwariskan dari generasi ke generasi seperti bahasa, musik, tarian, upacara serta berbagai perilaku terstruktur lainnya. Perkembangan globalisasi membuat warisan budaya takbenda semakin hilang yang mengakibatkan akan mengalami kepunahan jika tidak adanya upaya pelestarian. Dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi terhadap warisan budaya takbenda Provinsi Bengkulu sesuai dengan usulan penetapan warisan budaya takbenda. Sistem ini dirancang dengan menggunakan UML dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman PHP. Sistem ini akan menentukan warisan budaya takbenda yang direkomendasikan dengan menggunakan metode SMART (Simple Multi Atributte Rating Techenique). Setelah itu, dilakukan perangkingan rekomendasi warisan budaya takbenda sesuai dengan kriteria formulir penetapan, foto/gambar, video, kajian, pengelolaan, dan substansi warisan budaya takbenda dengan menggunakan metode SMART. Hasil luaran dari sistem ini ialah perangkingan rekomendasi warisan budaya takbenda sesuai dengan alternatif yang ada. Pengujian sistem menggunakan black box testing dengan 12 halaman dan 38 skenario yang diuji coba dan menghasilkan nilai keberhasilan 100% . Kata kunci : Warisan budaya takbenda, Sistem pendukung keputusan, Metode SMART.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:31
Last Modified: 19 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item