PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN 03 KOTA BENGKULU

Utami, Intan Putri and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-INTAN PUTRI UTAMI-A1G018095-PGSD - Intan Putri Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 03 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III A yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data lembar observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil tes observasi aktivitas guru rata- rata skor pada siklus I sebesar 49 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 66 dengan kategori sangat baik. Hasil Observasi aktivitas siswa rata-rata skor siklus I sebesar 48 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 67 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 67,78 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,96%, meningkat pada siklus II menjadi 82,22 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 81,48%. Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn pada siklus I memperoleh rata-rata 77,22 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,78%, meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 78,15 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Example Non Example berbantuan media PowerPoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas III A SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Cooperative Learning, Example Non Example, Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item View Item