PERTUMBUHAN DAN HASIL EMPAT VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna Radiata L) PADA SISTEM TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI JARAK TANAM JAGUNG

Safitri, Nurga Henni and Edhi, Turmudi and Widodo, Widodo (2019) PERTUMBUHAN DAN HASIL EMPAT VARIETAS KACANG HIJAU (Vigna Radiata L) PADA SISTEM TUMPANGSARI DENGAN BERBAGAI JARAK TANAM JAGUNG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi (Nurga Henni Safitri, E1J015050).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (836kB)

Abstract

Kacang Hijau (Vigna radiata L.) merupakan tanaman legum yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia terutama dalam bidang pembuatan susu nabati, Kue, Puding, bubur, dan olahan lainnya. Produksi kacang hijau di Indonesia belum dapat memenuhi kebutuhan kacang hijau dalam negeri.Lahan pertanian secara terus-menerus mengalami konversi lahan ke non-pertanian.Kondisi lahan pertanian semakin terbatas.Upayapeningkatan produktivitas tanaman dapat dilakukan dengan menerapkan sistem tanam tumpangsari dan menggunakan varietas unggul. Tanaman jagung menghendaki nitrogen tinggi dan tanaman kacang hijau dapat memfiksasi nitrogen dari udara bebas,sehingga tanaman jagung dapat memanfaatkan kelebihan nitrogen dari kacang hijau. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan varietas kacang hijau yang terbaik dalam sistem tumpangsari dengan berbagai jarak tanam jagung.Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2018, di lahan pertanian wilayah kelurahan Pematang Gubernur, kecamatan Muara Bangkahulu, Bengkulu. Percobaan dalam penelitian ini menggunakan rancangan petak terbagi (Split Plot) dengan petak utama jarak tanam jagung yaitu 60 cm x 30 cm, 90 cm x 30 cm, 120 cm x 30 cm, anak petak yaitu varietas kacang hijau (vima-1, vima-2, vima-3, kutilang) dengan 3 ulangan. Diulang sebanyak 3 kali, maka didapatlah 36 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara jarak tanam jagung dan varietas kacang hijau tidak memberikan pengaruh nyata terhadap seluruh variabel pengamatan. Faktor tunggal jarak tanam jagung 60 cm x 30 cm, 90 cm x 30 cm, dan 120 cm x 30 cm tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Nov 2019 08:46
Last Modified: 05 Nov 2019 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20196

Actions (login required)

View Item View Item