PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Utami, Pantes and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-PANTES UTAMI-A1G018038-PGSD FKIP - Pantes Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe scramble, serta menganalisis peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu di kelas III SD Negeri 03 Kota Bengkulu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, angket serta lembar tes. Data hasil observasi siklus I dan siklus II dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan proses dari penerapan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Data hasil angket motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan rumus persentase memperoleh hasil pada siklus I sebesar 70,08% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 82,32% dengan kategori sangat baik. Data hasil belajar dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor dan rumus ketuntasan belajar klasikal. Hasil belajar PPKn pada siklus I memperoleh rata- rata kelas sebesar 78,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 81,48% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas menjadi 78,29 dan ketuntasan belajar klasikal menjadi 92,59%. Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh rata-rata kelas sebesar 64,44 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas menjadi 82,51 dan ketuntasan belajar klasikal menjadi 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu di kelas IIIB SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Kata kunci: Kooperatif Tipe Scramble, Tematik Terpadu, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:04
Last Modified: 19 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20198

Actions (login required)

View Item View Item