Deanand, Reza and Herman, Lusa and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI-REZA DEANANDA-A1G018002_compressed - reza deananda.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 50 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase belajar klasikal. Hasil dari penelitian Pelaksanaan Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I diperoleh 46,5 termasuk dalam kategori baik dan siklus II meningkat 57,5 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil motivasi belajar siklus I yaitu 9,2 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II yaitu 12,52 dengan kategori baik. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas sebesar 70,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 63,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 76,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,33%. Hasil belajar aspek pengetahuan mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 69,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,33%, pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 74,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Aspek sikap teliti rata-rata skor siklus I 2,43, siklus II 2,7, sikap percaya diri siklus I 2,52, siklus II 2,79, sikap disiplin siklus I 2,38, siklus II 2,98, dan sikap rasa ingin tahu siklus I 2,65, siklus II 3,08. Aspek keterampilan meringkas siklus I 2,37, siklus II 2,95, keterampilan menyajikan ringkasan siklus I 2,45, siklus II 2,93, keterampilan melakukan percobaan siklus I 2,5, siklus II 3,05, dan keterampilan membuat laporan percobaan siklus I 2,48, siklus II 3,02. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V A SDN 50 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20199 |
Actions (login required)
View Item |