PENERAPAN FUZZY SUGENO PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSIS HAMA DAN PENYAKIT KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANUS) SERTA PENGENDALIANNYA MENGGUNAKAN ANIMASI (STUDI KASUS: EMPAT LAWANG SUMATERA SELATAN)

IQBAL, MUHAMMAD GIBRAN and Desi, Andreswari and Nurul, Renaningtias (2023) PENERAPAN FUZZY SUGENO PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSIS HAMA DAN PENYAKIT KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANUS) SERTA PENGENDALIANNYA MENGGUNAKAN ANIMASI (STUDI KASUS: EMPAT LAWANG SUMATERA SELATAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Iqbal Muhammad Gibran - Iqbal Muhammad Gibran.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Empat Lawang merupakan salah-satu kabupaten di provinsi Sumatera Selatan yang memiliki potensi yang besar dibidang pertanian. Salah-satu komoditi yang banyak terdapat di Empat Lawang adalah kemiri. Kemiri ialah tumbuhan yang banyak sekali manfaatnya. Produksi kemiri daerah Empat Lawang dari tahun ke tahun masih naik turun. Permasalahannya adalah serangan hama dan penyakit pada tanaman kemiri yang membuat produksi kemiri menjadi kurang. Keahlian pengendalian hama dan penyakit tanaman kemiri juga kurang karena kurangnya tenaga penyuluh pertanian. Sistem pakar memasukkan pengetahuan manusia ke dalam sistem dengan cara yang sama seperti seorang pakar adalah salah satu solusi untuk memecahkan masalah ini. Fuzzy sugeno adalah metodologi yang dipakai pada penelitian ini. Menggunakan tiga tahapan yaitu fuzzyfikasi, sistem inferensi dan defuzzyfikasi nantinya sistem akan menentukan jenis hama ataupun penyakit apa saja yang menyerang tanaman kemiri dan seberapa parah serangannya. Pada penelitian ini didapat akurasi 100% dari 10 percobaan yang telah dilakukan bersama pakar dan menghasilkan sistem dalam bentuk website yang bisa membantu para pembudidaya tanaman kemiri dalam mengidentifikasi hama ataupun penyakit yang didasarkan dari gejala-gejala yang dijumpai di lapangan. Sistem juga bisa memberikan informasi tentang bagaimana cara pengendalian dan solusi hama penyakit dalam bentuk animasi. Kata kunci : Kemiri, Sistem pakar, Fuzzy sugeno, Hama, Penyakit

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:47
Last Modified: 19 Aug 2024 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item