Rahayu, Isty and Manap, Somantri and Connie, Connie (2023) PENGELOLAAN PROGRAM PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT PUTRI RAFLESIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Tesis)
PDF TESIS ISTY RAHAYU A2K021012 - Isty Rahayu.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program PKBM Putri Raflesia dalam rangka meningkatkan partisipasi pendidikan di Kabupaten Bengkulu Selatan yang meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi keberhasilan program. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian kepala lembaga, pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perencanaan program diawali dengan analisis kebutuhan melalui proses identifikasi untuk menentukan jenis program yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, menyusun rencana kerja dan melaksanakan sosialisasi kegiatan, guna meningkatkan partisipasi masyarakat melanjutkan pendidikan. Pengorganisasian program memuat unsur pimpinan, staf dan pengajar yang sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. Pelaksanaan program sudah berjalan sesuai dengan standar penyelenggaraan PKBM. Evaluasi keberhasilan program dilaksanakan secara rutin dan berkala serta terdapat standar kompetensi lulusan yang dijadikan sebagai pedoman menentukan kelulusan peserta didik. Kata Kunci: Pengelolaan Program, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Partisipasi Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20212 |
Actions (login required)
View Item |