Murdiani, Esti and Sudarwan, Danim and Connie, Connie (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISIWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
TESIS LENGKAP_Esti Murdiani_Perpustakaan UNIB - ESTI MURDIANI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reward dan punishment terhadap disiplin belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 09 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan sampel penelitian siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar Negeri 09 Kepahiang yang berjumlah 261 orang, dengan menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa; kedua, punishmet berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa; dan ketiga, reward dan punishment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini berarti bahwa jika pemberian reward dan punishment dilakukan dengan baik dan tepat, akan mampu meningkatkan disiplin belajar siswa. Kata Kunci: Penghargaan, Hukuman, Disiplin Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 09:13 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 09:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20221 |
Actions (login required)
View Item |