PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK (Penelitian Tindakan Kepengawasan di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara)

Anismawati, Anismawati and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2023) PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK (Penelitian Tindakan Kepengawasan di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS_ANISMAWATI PERPUSTAKAAN UNIB - anis Mawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kedisiplinan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi akademik di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap prasiklus presentase kedisiplinan guru dari 10% dapat meningkat mencapai 80% setelah dilaksanakan tindakan supervisi akademik sebanyak tiga siklus. Peningkatan keberhasilan kedisiplinan guru ini didapatkan setelah dilakukan tindakan supervisi akademik teknik kunjungan kelas, rapat guru dan pendekatan langsung oleh kepala sekolah serta langkah-langkah dan solusi supervisi akademik. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui kegiatan supervisi dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam menyusun perangkat. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Perangkat Pembelajaran, Disiplin Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:13
Last Modified: 19 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20222

Actions (login required)

View Item View Item