KEPASTIAN HUKUM SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH YANG PERUBAHAN DATA FISIKNYA TIDAK DIDAFTARKAN AKIBAT PELEBARAN JALAN DI KOTA BENGKULU

Rita, Novita and Herawan, Sauni and M.Yamani, Yamani (2019) KEPASTIAN HUKUM SERTIPIKAT HAK MILIK ATAS TANAH YANG PERUBAHAN DATA FISIKNYA TIDAK DIDAFTARKAN AKIBAT PELEBARAN JALAN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
RITA NOVITA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Pemeliharaan data pendaftaran tanah adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk menyesuaikan data fisik dan data yuridis dalam peta pendaftaran, daftar tanah, daftar nama, surat ukur, buku tanah dan sertipikat dengan perubahan- perubahan yang terjadi di kemudian. Agar tanah yang telah berubah data fisiknya yaitu perubahan luas tanah dapat mendaptkan perlindungan dan jaminan kepastian hukum maka perubahan data fisik wajib didaftarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat kecamatan Ratu Agung melakukan perubahan data fisik yaitu luas bidang tanah yang terkena pelebaran jalan dan untuk mengetahui kepastian hukum sertipikat hak milik atas tanah yang tidak didaftarkannya perubahan luas tanah akibat pelebaran jalan. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Kecamatan Ratu Agung sampai saat ini belum melakukan pendaftaran perubahan data fisik di Kantor Pertanahan Kota Bengkulu dikarenakan berbagai faktor seperti kurangnya pengetahuan masyarakat, biaya yang dianggap cukup mahal, dan waktu yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran dianggap lama dan dengan tidak didaftarkannya perubahan luas tanah akibat pelebaran jalan ini menyebabkan sertipikat hak milik atas tanah yang telah terdaftar tidak memiliki kepastian hukum, yaitu kepastian hukum terhdap objeknya yaitu luas tanah. Kata Kunci: Perubahan Data Fisik, Luas Tanah, Pelebaran Jalan, Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:23
Last Modified: 20 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item View Item