PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anisah, Irma Nur and Agus, Susanta and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A BISMISLLAH TESIS IRMA NUR ANISAH - Irma Nur Anisah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis RME, mendeskripsikan kelayakan, serta kepraktisan pengembangan e-modul berbasis RME dalam pembelajaran Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara pada guru untuk mengetahui kebutuhan, dan respon guru. Di samping itu juga menggunakan angket siswa untuk mengetahui kebutuhan dan respon siswa terhadap e-modul berbasis RME d alam pembelajaran matematika secara daring. Data yang didapat dianalisis berdasarkan Koefisien Aiken’s V. Penelitian pengembangan ini, menghasilkan produk berupa e-modul berbasis RME pada pembelajaran Matematika materi FPB dan KPK kelas IV Sekolah Dasar. Kelayakan materi, bahasa dan media (penyajian) dinyatakan layak, kepraktisan dinyatakan sangat praktis dinilai dari respon guru, dan respon siswa. Kata Kunci: e-modul, Pengembangan, Realistic Methematic Education (RME).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:22
Last Modified: 20 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20266

Actions (login required)

View Item View Item