PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS NHT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Okta, Sukrandi and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS NHT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS SUKRANDI OKTA A2G019046 - sukrandi okta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis NHT pada mata pelajaran IPA materi macam-macam gaya untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R & D) model ADDIE. Adapun langkah-langkah tersebut meliputi: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 119 Kaur. Instrumen penelitian menggunakan lembar analisis dokumen, lembar analisis kebutuhan, lembar validasi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, observasi, angket dan tes. Data dianalisis melalui data dan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Tahap pertama dilakukan dengan analisis kurikulum, analisis kebutuhan di Kelas IV SD Negeri 119 Kaur. Tahap desain dilaksanakan dengan menyusun rancangan produk bahan ajar IPA berbasis NHT pada materi macam-macam gaya kelas IV sekolah dasar yang didasarkan pada hasil analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru dan siswa. Desain produk yang dilakukan dalam pengembangan bahan ajar bahan ajar berbasis NHT adalah sebagai berikut: (a) menyusun bahan ajar, (b) pemilihan format, (c) rancangan awal. 2. Kelayakan materi rata-rata angka Aiken’s V 0,80 (Sangat Valid), kelayakan bahasa rata-rata angka Aiken’s V 0,98 (Sangat Valid), kelayakan penyajian yaitu hasil validasi didapat rata-rata angka Aiken’s V 0,85 (Sangat Valid). Berdasarkan hasil validasi dari ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa produk layak digunakan. Kelayakan bahan ajar ini didapatkan dari proses validasi dalam tiga aspek, yaitu: materi, bahasa, dan penyajian. 3. Bahan ajar berbasis NHT pada materi macam-macam gaya kelas IV ini dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Bahan Ajar, Model NHT, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:22
Last Modified: 20 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20267

Actions (login required)

View Item View Item