Anggelena, Mega and M.Lutfi, Firdaus and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATERI ENERGI TERBARUKAN BERBASIS PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK ENERGI MATAHARI SEBAGAI PENGGERAK POMPA AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
MEGA ANGGELENA TESIS CETAK fix fix fix - MEGA ANGELLENA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengembangan modul materi energi terbarukan berbasis prototipe pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Thiagarajana meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (desseminate). Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data respon guru dan peserta didik. Subjek penelitian sebanyak 20 orang kelas X OTO 3 SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Dari kegiatan pengembangan diperoleh produk prototipe pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air dan modul pembelajaran fisika materi energi terbarukan berbasis prototipe pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air beserta perangkatnya sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata kuat arus listrik yaitu 0,12 ampere dan tegangan 15,08 volt. (2) Karakteristik modul berbasis prototipe pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air yang dikembangkan berbasis berpikir kritis. Modul yang dikembangkan berisi masalah didukung oleh stimulus kegiatan berpikir kritis yang dapat dipecahkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan energi terbarukan;(3) Kelayakan modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan, dengan rata- rata penilaian validator yang didapatkan 90% dengan kriteria sangat layak; (4) keterampilan berpikir kritis berpengaruh dengan nilai effect size 4,12 dengan kriteria tinggi; (5) Respon guru dan peserta didik terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan dengan persentase rata-rata 92% termasuk kriteria sangat baik. Kata Kunci: Modul Materi Energi Terbarukan, Energi Matahari, Keterampilan berfikir kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:39 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20272 |
Actions (login required)
View Item |