PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Persepsi Karyawan Perbankan di Kota Bengkulu)

Patika Wulan Sari, Cendy and Isma, Asmawanti and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2021) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Persepsi Karyawan Perbankan di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi A.n Cendy Patika Wulan Sari - C1C017052.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Badan pemeriksa keuangan (BPK) menyampaikan beberapa temuan dalam pengawasan bank umum. Hal ini di lihat dari pengawasan terhadap sektor jasa keuangan yang belum sepenuhnya terintegrasi dilihat dari laporan keuangan perusahaan. Secara keseluruhan, hasil pemeriksaan pelaksanaan pengawasan bank umum OJK mengungkapkan 19 (sembilan belas) permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi 10 (sepuluh) kelemahan Sistem Pengawasan Internal (SPI) dan 9 (sembilan) ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan perusahaan. Oleh karena itu, direksi perusahaan kini harus bertanggung jawab penuh terhadap laporan keuangan yang dihasilkannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh sistem pengendalian internal dan prinsip good corporate governance terhadap kualiatas laporan keuangan pada perusahaan perbankan di Kota Bengkulu dengan menggunakan Agency Theory (teori agency). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan perbankan di Kota Bengkulu dengan metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh atau sensus. Responden yang digunakan adalah manajer dan karyawan bagian manajemen keuangan dan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif, menggunakan data primer dengan cara menyebar kuesioner. Untuk menganalisis setiap variabel independen dan variabel dependen menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer SPSS versi 20.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan dan prinsip good corporate governance berpengaruh terhadap kualiatas laporan keuangan. Dimana variabel sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Berarti semakin baik sistem pengendalian internal maka kualitas laporan keuangan semakin meningkat, kemudian variabel prinsip good corporate governance berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa prinsip good corporate governance berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Berarti semakin baik prinsip good corporate governance maka kualitas laporan keuangan semakin meningkat. Dalam hal jika sistem pengendalian internal, manajemen akan menekankan pentingnya pengendalian lingkungan dan mengambil langkah penting dalam pengendalian dan prinsip good corporate governance dapat membantu dalam menjalankan bisnis, kegiatan usaha secara transparan dan akuntabilitas sehingga perbankan akan menyediakan informasi yang material, relevan dengan menyediakan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. x Dalam Penelitian ini masih haris di perbaiki diantaranya adalah instrumen kuesioner yang belum maksimal, pada penilain resiko, kegiataan pengendalian, informasi dan komunikasi yang belum mampu mewakili pernyataan dari variebel sistem pengendalian internal serta tidak dilibatkannya beberapa perbankan di Kota Bengkulu dikarenakan tidak mendapat izin penelitian dari perbankan tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:38
Last Modified: 20 Aug 2024 04:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20277

Actions (login required)

View Item View Item