PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Juliana, Deti and Lisa, Martiah Nila Puspita and Isma, Coryanata (2021) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DETI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi manajemen harus berkualitas baik, ketika kualitas sistem informasi akuntansi manajemen ini berkualitas baik maka akan membuat manajer dapat mengambil sebuah kebijakan dan keputusan yang tepat sehingga operasional perusahaan akan berjalan dengan optimal dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakpastian lingkungan terhadap sistem informasi akuntansi manajemen dengan total quality management (TQM) sebagai variabel intervening. Penelitian ini terdiri dari satu variabel eksogen, satu variabel endogen dan satu variabel intervening. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah ketidakpastian lingkungan yang diukur dengan indikator bukti pernyataan dalam kuesioner. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. variabel intervening dalam penelitian ini adalah total quality management (TQM). Penelitian ini menggunakan propusive sampling dengan 34 responden pada Restaurant dan Rumah Makan yang ada di Kota Bengkulu. Analisis data penelitian menggunakan statistical package for social science (SPSS) versi 25.0. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama ketidakpastian lingkungan berpengaruh positif terhadap sistem informasi akuntansi manajemen. Hipotesis kedua ketidakpastian lingkungan berpangaruh positif terhadap TQM. Hipotesis ketiga TQM berpengaruh positif terhadap sistem informasi akuntansi manajemen. Hipotesis keempat ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi manajemen, TQM tidak bertindak sebagai mediator. Secara teoritis, hasil penelitian ini mendukung teori kontinjensi yang menyatakan bahwa manajer atau pimpinan sebagai pembuat kebijakkan atau keputusan untuk mendapatkan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. Teori kontinjensi merupakan teori yang digunakan sebagai alat analisis untuk pengaruh ketidakpastian lingkungan, total quality management yang berguna untuk meningkatkan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu data Restaurant dan Rumah Makan yang didapati tidak lengkap dan dalam penyebaran kuesioner secara langsung memiliki keterbatasan waktu dan keterbatasan biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:43
Last Modified: 20 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20278

Actions (login required)

View Item View Item