PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR” (Studi Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Merapi Timur )

Ashari, Ashari and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR” (Studi Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Merapi Timur ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
00.Tesis (Ashari A2M021003) (1) perpus 3 M - Ashari Ashari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbet Head Tugether untuk meningkatkan Percaya percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA semester kedua tahun pelajaran 2022/2023 SMA Negeri 1 Merapi Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen.Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dalam bentuk soal objektif yang diberikan kepada peserta didik setiap siklus.Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kemandirian peserta didik.Data hasil tes dianalisis dengan cara statistik deskrptif dan data hasil non tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number head tugether (NHT) dapat meningkatkan Percaya diri dan prestasi belajar peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat. Kata kunci : Model NHT, Percaya Diri, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:58
Last Modified: 20 Aug 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item