MODEL PEMETAAN KAWASAN TUTUPAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DENGAN MEMANFAATKAN CITRA SATELIT LANDSAT 8 BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS SUB-DAS RINDU HATI)

Andara, Breygas and Ernawati, Ernawati and Arie, Vatresia (2019) MODEL PEMETAAN KAWASAN TUTUPAN LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DENGAN MEMANFAATKAN CITRA SATELIT LANDSAT 8 BERBASIS WEBGIS (STUDI KASUS SUB-DAS RINDU HATI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BREYGAS ANDARA G1A014034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya. DAS berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. Pemetaan tutupan lahan pada area DAS penting untuk memahami masalahmasalah yang terjadi pada area DAS tersebut seperti menurunnya kualitas air maupun rawan akan bencana tanah longsor atau banjir. Pada penelitian ini, dilakukan pemetaan kawasan tutupan lahan Sub-DAS Rindu Hati dari tahun 2014 hingga 2018 dengan memanfaatkan citra satelit Landsat 8 dengan menggunakan metode Maximum Likelihood. Peta tutupan lahan kemudian diolah dan ditampilkan menggunakan media webGIS. Pemetaan yang dilakukan pada penelitian ini menghasilkan informasi bahwa dalam periode 2014 hingga 2018, terjadi penurunan luas tutupan lahan hutan sebesar 9,17%. Penurunan luas tutupan lahan hutan terjadi bersamaan dengan kenaikan tutupan lahan perkebunan sebesar 6,69% yang diindikasikan sebagai pengganti utama tutupan lahan hutan tersebut. Kata Kunci : Pemetaan, DAS, Landsat 8, Maximum Likelihood, webGIS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:38
Last Modified: 07 Nov 2019 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20281

Actions (login required)

View Item View Item