PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Kristiani Simbolon, Natalia and Fenny, Fahruzzaman and Lisa, Robinson (2021) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Natalia kristiani simbolon C1C017044 CETAK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

hampir ke seluruh dunia, termasuk Indonesia berimplikasi terhadap ancaman krisis ekonomi besar yang ditandai dengan jatuhnya tingkat konsumsi masyarakat. Industri manufaktur yang memiliki perasn penting dalam ekonomi nasional juga berdampak secara signifikan. Perusahaan dalam menghadapi krisis ekonomi harus melakukan inovasi guna meningkatkan kinerja keuangan perusahaan agar dapat bertahan ditengah pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan sosial media terhadap kinerja keuangan perusahaan dan untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap inovasi produk, sosial media, dan kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website BEI, halaman facebook, dan website resmi perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : 1. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. 2. Sosial media tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. 3. Tidak ada perbedaan dari inovasi produk, sosial media, dan kinerja keuangan saat sebelum pandemi covid-19 dan saat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapkan perusahaan dapat semakin memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan sosial media dan kegiatan riset dan pengembangan guna memenuhi kebutuhan konsumen, memperkenalkan produk, memperhatikan konsumen, dan segera beradaptasi terutama ditengah pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:10
Last Modified: 20 Aug 2024 07:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20291

Actions (login required)

View Item View Item