PENGARUH AUDIT KINERJA, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PUBLIK (pada SKPD di Pemerintah Kota Bengkulu)

Aulia Syainda Putri, Regina and Abdullah, Fahruzzaman and Baihaqi, Robinson (2021) PENGARUH AUDIT KINERJA, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PUBLIK (pada SKPD di Pemerintah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI REGINA AULIA AULIA SYAINDA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh audit kinerja, penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pubik. Penelitian ini dilakukan pada SKPD di Pemerintah Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang mana sampel disesuaikan dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada Kasubbag Keuangan atau Staff Keuangan pada SKPD di Pemerintah Kota Bengkulu dengan sampel sebanyak 35 responden. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audit kinerja, penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan berpengaruh positif terhadap akuntabilitas publik. Implikasi penelitian ini secara teori menunjukkan bahwa ketiga variabel dalam penelitian ini mendukung teori Stewardship dimana teori ini dapat menjelaskan eksistensi pemerintah daerah sebagai suatu lembaga yang dapat dipercaya untuk bertindak sesuai dengan kepentingan publik dengan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan tepat, membuat pertanggungjawaban keuangan yang diamanahkan kepadanya sehingga tujuan ekonomi, pelayanan publik maupun kesejahteraan masyarakat dapat tercapai secara maksimal. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan audit kinerja, penyajian laporan keuangan, aksesibilitas laporan keuangan dan akuntabilitas publik. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai bahan pertimbangan bagi SKPD di Pemerintah Kota Bengkulu dalam pengambilan kebijakan terkait dengan penyusunan laporan keuangan agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dan mampu menjadi tolak ukur agar pemerintah lebih meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan sehingga mampu meningkatkan akuntabilitas publik. Keterbatasan penelitian ini terdapat dalam hal pengukuran variabel audit kinerja. Dimana, pengukuran audit kinerja tersebut harus dilakukan oleh seorang auditor. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah Kasubbag Keuangan atau Staff bagian Keuangan, sehingga responden dalam penelitian ini tidak dapat melakukan pengukuran terhadap audit kinerja tersebut. Peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mencapai seluruh respoden sehingga hasil penelitian yang dihasilkan dapat menjadi maksimal dan metode pengambilan data hendaknya tidak hanya berdasarkan pada data kuesioner saja tetapi juga berdasarkan data lainnya seperti wawancara atau observasi lapangan.Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat meneliti variabel-variabel lain selain yang sudah ada di penelitian ini seperti meneliti tentang pengaruh Pengendalian Internal dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Publik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:31
Last Modified: 20 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item View Item