FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN DAGING AYAM BROILER DI PASAR KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Hamonangan, Budi and Sutriyono, Sutriyono and Edi, Soetrisno (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN DAGING AYAM BROILER DI PASAR KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Daging merupakan salah satu hasil ternak yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Daging ayam memegang peranan cukup penting dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, karena banyak mengandung protein dan zat-zat gizi lainnya yang penting untuk kelancaran proses metabolisme dalam tubuh manusia. Daging ayam broiler merupakan daging yang paling familiar bagi seluruh lapisan masyarakat untuk di konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Daging ayam broiler banyak diminati masyarakat karena teksturnya yang lembut,.Ayam broiler termasuk salah satu komoditas yang tergolong paling populer dalam dunia agribisnis peternakan di Indonesia dan cukup prospektif karena selera masyarakat terhadap cita rasa ayam sangat tinggi disemua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh beberapa faktor (pendapatan, harga daging ayam broiler, dan jumlah anggota keluarga) terhadap permintaan daging ayam broiler pada konsumen di pasar tradisional Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini melihat pengaruh faktor pendapatan, harga, dan jumlah anggota keluarga terhadap konsumsi daging ayam broiler. Metode penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive), yaitu Pasar Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. Kemudian untuk penentuan responden dilakukan secara kebetulan (accidental sampling) dengan jumlah responden sebanyak 50 orang yang berbelanja daging ayam broiler di pasar tersebut. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda yang diuji lanjut menggunakan Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji F (Uji Simultan), dan Uji t (Uji Parsial). Hasil analisis regresi linear berganda secara sendiri-sendiri (parsial) menunjukkan bahwa variabel pendapatan, harga, dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh linear terhadap permintaan daging ayam broiler di pasar Karang Tinggi. Secara bersama-sama (simultan) variabel terikat tidak dipengaruhi oleh variabel bebas. Dilihat dari factor penentu menunjukkan bahwa sebesar 5% permintaan daging ayam broiler di pasar Karang Tinggi dapat dijelaskan oleh variabel pendapatan, harga, dan jumlah anggota keluarga sedangkan sisanya sebesar 95% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:29
Last Modified: 08 Nov 2019 02:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item