ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN ITIK PEDAGING (STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PETERNAKAN PROVINSI BENGKULU)

Cahyono, Indarto and Bieng, Brata and Basyarudin, Zain (2019) ANALISIS PROFITABILITAS USAHA PETERNAKAN ITIK PEDAGING (STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PETERNAKAN PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Indarto Cahyono.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah negara agraris, dengan jumlah penduduk sebagian besar bermata pencaharian di bidang pertanian, sedangkan kegiatan pertanian itu sendiri meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan dan peternakan. Pencapaian sasaran pembangunan subsektor peternakan melibatkan peran serta pemerintah melalui berbagai program kegiatan untuk mencapai tujuan pembangunan peternakan. Sasaran pembangunan sub sektor peternakan yang ditetapkan dan diprioritaskan pada peningkatan populasi ternak, penyediaan susu, daging dan telur sebagai konsumsi dan meningkatkan kelembagaan informasi pasar untuk memperpendek jarak antara konsumen dan produsen. Usaha peternakan itik merupakan salah satu usaha peternakan yang cukup berperan dalam perekonomian. Secara umum peternak itik di Indonesia mengenal tiga jenis itik, yaitu itik petelur, itik ornamental, dan itik pedaging. Itik petelur dipelihara untuk diperoleh telurnya, itik ornamental dipelihara sebagai itik hias, dan itik pedaging dipelihara untuk diambil dagingnya. Peternakan itik pedaging belum sepopuler peternakan itik petelur, karena itu pada umumnya kebutuhan akan daging itik dipasaran dipenuhi itik petelur afkir atau hasil penggemukan itik jantan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada 24 Juni 2019 sampai dengan 05 Juli 2019 Lokasi penelitian berada di Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. Objek Penelitian adalah usaha peternakan Itik di Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu dari tahun 2016-2018. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2016 profitabilitas usaha peternakan itik pedaging adalah -7.2% lebih kecil jika dibandingkan dengan suku bunga deposito bank BRI sebesar 4,25%. Pada tahun 2017 profitabilitas usaha peternakan itik pedaging adalah 2,3% lebih kecil jika dibandingkan dengan suku bunga deposito bank BRI sebesar 4,25%. Pada tahun 2018 profitabilitas usaha peternakan itik pedaging adalah 5,2% lebih besar jika dibandingkan dengan suku bunga deposito bank BRI sebesar 4,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:59
Last Modified: 08 Nov 2019 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20333

Actions (login required)

View Item View Item