ANALISIS SALURAN PEMASARAN TERNAK JANGKRIK (Gryllidae sp.) DI KOTA BENGKULU

Tiffani, M. Zaki and Bieng, Brata and Sutriyono, Sutriyono (2019) ANALISIS SALURAN PEMASARAN TERNAK JANGKRIK (Gryllidae sp.) DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Lengkap pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Jangkrik adalah hewan yang mempunyai kerabat dengan belalang, bertubuh rata dan memiliki antena panjang. Serangga ini berukuran kecil sampai besar dan tergolong bangsa orthoptera. Semakin meningkatnya permintaan jangkrik disebabkan karena jumlah penggemar burung kicau serta pemelihara ikan arwana semakin pesat. Konsumsi jangkrik menambah nilai performa pada burung berkicau sehingga memiliki kicauan yang merdu dan prima. Jangkrik merupakan pakan ikan arwana, sehingga warna tubuh ikan menjadi lebih cemerlang (Paimin, 1999). Penelitian bertujuan untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran ternak jangkrik di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november sampai dengan desember 2018 di Kota Bengkulu. Penentuan responden secara sensus, yaitu 10 peternak yang berada di Kota Bengkulu. Pelaku pemasaran ditentukan secara snowball sampling, yaitu 2 pedagang pengumpul dan 15 pedagang pengecer di Kota Bengkulu. Analisis data menggunakan analisis deskriptif saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 4 saluran pemasaran jangkrik di Kota Bengkulu, meliputi saluran pemasaran I yaitu dari peternak menjual ke konsumen langsung, saluran pemasaran II peternak menjual jangkrik kepada pengumpul kemudian dijual ke konsumen akhir, saluran pemasaran III peternak menjual jangkrik kepada pengecer kemudian langsung ke konsumen akhir, saluran pemasaran IV yaitu peternak menjual jangkrik ke pengumpul kemudian pengumpul menjual jangkrik ke pengecer dan pengecer menjual ke konsumen akhir. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah saluran pemasaran yang paling efisien pada saluran II yaitu pada pedagang pengumpul sebesar 1,46%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:20
Last Modified: 08 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20338

Actions (login required)

View Item View Item