ANALISIS FUNGSI PRODUKSI DAN EFISIENSI ALOKATIF USAHATANI BUNGA KRISAN POTONG DI DESA RAYA KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO PROVINSI SUMATERA UTARA

Ayuna, C. Situmorang and Putri, Suci Asriani and Nyayu, Neti Arianti (2023) ANALISIS FUNGSI PRODUKSI DAN EFISIENSI ALOKATIF USAHATANI BUNGA KRISAN POTONG DI DESA RAYA KECAMATAN BERASTAGI KABUPATEN KARO PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
AyunaCS_E1D015118_Bebas_Perpus_Universitas - Ayuna Situmorang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

produksi bunga krisan potong terbesardi Kabupaten Karo adalah Kecamatan Berastagi yang memiliki luas panen 150.000 m2 dan menghasilkan produksi 1.930.000 tangkai pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa Kecamatan Berastagi memiliki potensi dalam usahatani bunga krisan potong dan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman bunga krisan potong dengan penggunaan faktor produksi yang efisien, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani. Desa Raya merupakan sebuah desa di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo yang terkenal sebagai penghasil tanaman hortikultura seperti tanaman hias yaitu bunga krisan. Dalam usaha florikultura krisan potong, dalam meningkatkan hasil produksi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan intensifikasi. Intensifikasi merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemajuan sektor pertanian dengan cara menambah faktor-faktor produksi yang dibutuhkan dan mengoptimalkan penggunaan faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien. Beberapa faktor produksi tersebut dilakukan analisa mengenai faktor produksi apa saja yang mempengaruhi produksi bunga krisan potong. Kemudian dilanjutkan dengan analisa efisiensi alokatif untuk mengetahui tingkat efisiensi faktor-faktor produksi pada usahatani bunga krisan potong. Efisiensi alokatif menunjukkan hubungan antara biaya dan output, dimana efisiensi alokatif tercapai apabila usahatani bunga krisan potong mampu memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Faktor yang berhubungan pada produksi bunga krisan potong di Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara. 2) Tingkat efisiensi alokatif pada setiap faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produksi bunga krisan potong di Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Produksi luas lahan berhubungan nyata terhadap produksi Bunga Krisan Potong, sedangkan faktor produksi bibit(anakan), pupuk kandang, pupuk KCL, pupuk NPK, SP-36, Pantas, pestisida Curacron dan Tenaga Kerja Luar Keluarga dan Tenaga Kerja Dalam Keluarga tidak berhubungan terhadap produksi bunga krisan potong dan Penggunaan faktor-faktor produksi luas lahan, pada usahatani bunga krisan potong belum efisien, sehingga masih dapat dilakukan penambahan faktor tersebut untuk meningkatkan produksinya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:39
Last Modified: 22 Aug 2024 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item