ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS DAGING SAPI YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BENGKULU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Fitri, Nurma and Basyarudin, Zain and Bieng, Brata (2019) ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS DAGING SAPI YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL KOTA BENGKULU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NURMA FITRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Daging adalah bahan pangan yang bernilai gizi tinggi, karena kaya protein, lemak, mineral serta zat lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain dilihat dari kualitas, harga juga berperan penting dalam pembelian daging, terutama dalam ketersediannya jumlah daging sapi lebih sedikit dibanding dengan jumlah permintaan. Kepuasan konsumen menjadi suatu keharusan untuk diperhatikan setiap pelaku pemasaran. Mowen dan Minor (2002) mendefinisikan kepuasan konsumen sebagai sikap yang ditunjukkan oleh konsumen, dengan persaingan yang sangat ketat bagi setiap perusahaan saling bersaing dalam memberikan kepuasan kepada para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor harga dan kualitas daging sapi yang dijual di pasar tradisional Kota Bengkulu terhadap kepuasan konsumen. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini secara sengaja (Purposive) yaitu Pasar Tradisional Kota Bengkulu (Panorama, Minggu, Pagar Dewa, dan Barukoto), penentuan responden pada penelitian ini dilakukan secara accidental sampling (tidak sengaja) dengan jumlah responden sebanyak 40 orang yang membeli daging sapi di pasar tradisional tersebut, kemudian analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda yang diuji lanjut menggunakan Uji F (Uji Simultan), dan Uji t (Uji Parsial. Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel harga dan kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan konsumen yang membeli daging sapi dipasar tradisional Kota Bengkulu. Harga menunjukan nilai thitung sebesar 2.506 > ttabel 2.02108 dengan nilai signifikansi sebesar 0.017 < 0.050. dilihat dari nilai thitung sebesar 2.139 > ttabel 2.02108 dengan nilai signifikansi sebesar 0.039 < 0.050. Secara simultan 6.071 > Ftabel 3.20 dengan nilai signifikansi sebesar 0.005. Hal ini menunjukan bahwa kepuasaan konsumen yang membeli daging sapi di pasar tradisional Kota Bengkulu secara simultan dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu X1 Harga dan X2 kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:57
Last Modified: 08 Nov 2019 03:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item