PENERAPAN ASAS KEPASTIAN HUKUM DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH UNTUK PEMBANGUNAN TOWER PEMANCAR SINYAL TELEKOMUNIKASI DI DESA KEROYA KECAMATAN PAGARJATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Wilta, Dini Julia Nengsi and Sirman, Dahwal and Wafiya, Wafiya (2019) PENERAPAN ASAS KEPASTIAN HUKUM DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH UNTUK PEMBANGUNAN TOWER PEMANCAR SINYAL TELEKOMUNIKASI DI DESA KEROYA KECAMATAN PAGARJATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Wilta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami mengenai dasar�dasar hukum, asas dalam perjanjian, akibat hukum, serta hak dan kewajiban dalam melakukan pelaksanaan perjanjian sewa menyewa tanah untuk pembangunan tower pemancar sinyal telekomunikasi di Desa Keroya Kecamatan Pagarjati Kabupaten Bengkulu Tengah. Karena masyarakat Desa Keroya masih tergolong tidak mengetahui dan memahami mengenai hak dan kewajiban bagi para pihak, sehingga sering melakukan perjanjian dengan sistem lisan atau tidak tertulis. Penelitian ini bertujuan agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Keroya tentang perjanjian yang sesuai dengan aturan hukum yang ada di Indonesia. Sehingga dilakukanlah penelitian ini untuk mengetahui apakah sudah diterapkan Asas Kepastian Hukum bagi para pihak didalam perjanjian sewa menyewa tanah untuk pembangunan tower pemancar sinyal telekomunikasi di Desa Keroya Kecamatan Pagarjati Kabupaten Bengkulu Tengah. Serta untuk mengetahui akibat hukum dan penyelesaian jika terjadi wanprestasi didalam perjanjian sewa menyewa tanah untuk pembangunan tower pemancar sinyal telekomunikasi di Desa Keroya Kecamatan Pagarjati Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yang mana data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Proses pengolahan data dilakukan melalui proses editing. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Keroya Kecamatan Pagarjati Kabupaten Bengkulu Tengah masyarakatnya masih tergolong tidak memahami dan mengerti tentang perjanjian, sehingga mengakibatkan tidak terpenuhinya hak dan kewajiban yang ada didalam perjanjian serta penerapan asas kepastian hukumnya bagi para pihak belum diterapkan secara maksimal di dalam perjanjian sewa menyewa tanah untuk pembangunan tower pemancar sinyal telekomunikasi di Desa Keroya Kecamatan Pagarjati Kabupaten Bengkulu Tengah tersebut. Kata Kunci: Perjanjian Sewa Menyewa, Asas Kepastian Hukum, Hak dan Kewajiban, Akibat Hukum, Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:59
Last Modified: 22 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item