PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Kasus tahun 2019-2022 Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

apriansyah, Dony and Rini, Indriani and Lismawati, Lismawati (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Kasus tahun 2019-2022 Pada Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Dony Apriansyah-C1C019133-UNIB-SAH - Dony Apriansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan intensitas modal terhadap praktek penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesi. Penelitian ini mengukur tingkat praktek penghindaran pajak spada kurun waktu 2019 sampai dengan 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah adalah laporan keuangan tahunan perusahaan property dan real estate tahun 2019,2020,2021, dan 2022. Analisis yang digunakan ialah analisis regresi data panel, agar dapat mengukur pengaruh yang dihasilkan oleh profitabilitas, leverage, ukuran perusahan, ertumbuhan penjualan, dan intensitas terhadap penghindaran pajak. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis ditemukan bahwa profitabilitas,leverage, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan property dan rela estate. Pertumbuhan penjualan dan intensitas modal tidak memiliki pengaruh pada penghindaran pajak. Sehingga hasil penelitian ini membenarkan teori trade off karena adanya pengaruh dari leverage terhadap penghindaran pajak yang berarti perusahaan lebih memilih utang dalam struktur modal perusahaan untuk memproleh manfaat utang seperti beban bunga pajak. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menjadi bahan acuan bagi pemangku kebijakan untuk mempertimbangkan aturan pajak serta meningkatkan pengawasan. Pada sisi perusahaan diharapkan mampu mengevaluasi kebijakan perpajakan yang dilakukan oleh manajerial serta untuk stakeholder seperti investor diharapkan dapat mempertimbangkan tingkat penghindaran pajak sebagai pilihan dalam melakukan investasi. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan bisa menilai pengaruh dari variabel lain serta dapat menguji pada sektor usaha selain properti dan real estate.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:04
Last Modified: 23 Aug 2024 09:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item