PEMBERIAN PUPUK FESES AYAM DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT MEKSIKO (Euchlaena mexicana) DI KABUPATEN KEPAHIANG

Turnip, Ridawati and Dwatmadji, Dwatmadji and Tatik, Suteky (2019) PEMBERIAN PUPUK FESES AYAM DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT MEKSIKO (Euchlaena mexicana) DI KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Rumput Meksiko (Euchlaena mexicana) merupakan jenis rumput unggul yang produktivitas dan kandungan zat gizinya cukup tinggi serta disukai oleh ternak ruminansia. Ukuran daun pada rumput Meksiko lebih lebar dari jenis rumput lain, dengan panjang daun kurang lebih 1,5 meter, lebar daun kurang lebih 10 cm, tulang daun menjari, batang tidak berbulu dengan diameter kurang lebih 3,5 cm dan batang muda berbentuk pipih serta batang tua berbentuk elips. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk limbah feses ayam dengan dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi rumput Meksiko (Euchlaena mexicana) di Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada 29 Desember 2018 sampai dengan 12 April 2019 di desa Tugu Rejo,Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan P0 (Kontrol), P1(pupuk feses ayam 5 ton/ha), P2 (pupuk feses ayam 7,5 ton/ha) dan P3 (pupuk feses ayam 10 ton/ha) setiap perlakuan terdiri dari 6 ulangan. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman (cm), panjang daun (cm), lebar daun (cm), jumlah anakan, produksi segar batang (gram/petak), produksis segar daun (gram/petak), produksi bahan kering batang (gram/petak) dan produksi bahan kering daun (gram/petak). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (ANOVA). Apabila hasil analisis berpengaruh nyata (P<0,05) maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk melihat perbedaan antara perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, produksi segar dan bahan kering rumput Meksiko, namun tidak berpengaruh terhadap jumlah anakan pada minggu ke 2 samapi 8. Kesimpulan penelitian ini dengan menggunakan dosis pupuk feses ayam 5 ton/ha lebih baik terhadap pertumbuhan dan produksi rumput Meksiko (Euchlaena mexicana) dibandingkan pemberian dosis pupuk feses ayam yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:16
Last Modified: 08 Nov 2019 04:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item