KETERSEDIAAN DAN POLA KONSUMSI PANGAN BERAS RUMAH TANGGA PETANI SAWAH TADAH HUJAN (Studi Kasus di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan)

Heny, Mariany and Redy, Badrudin and Nyayu, Neti Arianti (2023) KETERSEDIAAN DAN POLA KONSUMSI PANGAN BERAS RUMAH TANGGA PETANI SAWAH TADAH HUJAN (Studi Kasus di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Heny Mariany (E1D015146) - Heny Mariany.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

tung atau berasal dari curah hujan tanpa bangunan irigasi permanen, hasil panen padi di lahan sawah tadah hujan biasa nya lebih rendah di banding dengan lahan sawah kering karena hanya memanfatkan air hujan untuk mengairi lahan sawah air hujan padi sawah tadah hujan tertampung di petakan sawah, Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu desa yang menggunakan sawah tadah hujan, luas sawah tadah hujan yang ada di desa selali tercatat pada tahun 2019-2021 adalah seluas 191 Ha, petani hanya mengandalkan hujan untuk mengari sawah jika musim kemarau petani tidak bisa melakukan produksi usahatani yang membuat ketersediaan pangan pokok beras menurun, dengan adanya ketersedian pangan kita dapat melihat pola konsumsi rumah tangga petani sawah tadah hujan di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menganalisis ketersediaan pangan rumah tangga petani padi sawah tadah hujan di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan; 2) menganalisi pola konsumsi pangan pokok beras rumah tangga petani padi sawah tadah hujan di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketersediaan beras rata-rata pada rumah tangga petani diperoleh dari nilai input dikurangi output sebesar 44318,8 kkal/MT. Ketersediaan pangan pokok tergolong dalam kategori tinggi, karena nilainya di atas ≥1600kkal/MT. Pola Konsumsi Petani Padi Sawah Tadah Hujan di Desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan yang mana pada beras dikonsumsi 100% lebih dari 3 kali sehari menggunakan metode recall, ini dikarenaan beras menjadi makanan pokok masyarakat Desa Selali. Kata Kunci : Ketersediaan beras, pola konsumsi beras, sawah tadah hujan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:01
Last Modified: 22 Aug 2024 03:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item