PENGARUH KELEMAHAN SPI, KETIDAKPATUHAN TERHADAP PERUNDANG-UNDANGAN DAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN TERHADAP OPINI AUDIT ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Nurazizah, Siti and Fadli, Fadli and Lismawati, Lismawati (2021) PENGARUH KELEMAHAN SPI, KETIDAKPATUHAN TERHADAP PERUNDANG-UNDANGAN DAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN TERHADAP OPINI AUDIT ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ERLIN MAIS SIMATUPANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah daerah wajib menyusun laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) dan menyampaikan laporan keuangan tersebut kepada auditor independen yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk dilakukan pemeriksaan sebagai bentuk jaminan kualitas serta akuntabilitas dari laporan keuangan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat terkait pengelolaan keuangan daerah. Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK akan menghasilkan suatu pernyataan profesional atau yang biasa disebut dengan opini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari kelemahan Sistem Pengendalian Internal, Ketidakpatuhan Terhadap Perundang-Undangan, dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan terhadap opini audit pada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk Laporan Hasil Pemeriksaan dari BPK dalam 2 tahun waktu observasi. Penelitian ini di uji dengan analisis regresi logistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kelemahan sistem pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap opini audit, (2) Ketidakpatuhan terhadap Perundang-Undangan berpengaruh negatif terhadap opini audit, (3) Tindak lanjut Hasil Pemeriksaan berpengaruh positif terhadap opini atas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini memiliki keterbatasan dimana nilai R-Square yang dimilii penelitian ini sangat rendah yaitu 0,073 yang artinya besaran pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen hanya sebesar 7,3%. Selain itu dalam penelitian ini temuan dilihat hanya berdasarkan jumlah kasus dan nilai rupiahnya saja, dan tidak menilai temuan berdasarkan tingkat materialitasnya. Oleh sebab itu untuk peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian sejenis dapat menambahkan variabel independen lain yang sesuai sehingga dapat meningkatkan pengaruh terhadap variabel dependen dan juga dapat menggunakan proksi lain dalam menilai temuan sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan lebih akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:21
Last Modified: 23 Aug 2024 09:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item