ANALISIS DAMPAK GEMPA AKTUAL PADA BANGUNAN GEDUNG PEMBELAJARAN TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESPONS SEISMIK

Ummul, Qayra Tunnisa and Lindung, Zalbuin Mase and Annisa, Fitria Edriani (2023) ANALISIS DAMPAK GEMPA AKTUAL PADA BANGUNAN GEDUNG PEMBELAJARAN TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESPONS SEISMIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
[SKRIPS] G1B019092 UMMUL QAYRA TUNNISA - perpus_compressed - Ummul Qayra Tunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Gedung Pembelajaran Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu memiliki tiga lantai dengan ketinggian berturut-turut adalah 3,4 meter dan 4 meter. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja gedung terhadap gempa bumi aktual. Data yang digunakan adalah data sekunder meliputi data sondir dengan kedalaman mencapai 9,6 meter, informasi kedalaman batuan dasar yang diasumsikan berada pada kedalaman 33,9 meter, data struktur gedung dan gelombang gempa sintetis. Data gelombang gempa sintetis mengacu pada gempa terkuat yang pernah terjadi di Kota Bengkulu dengan kekuatan 8,4 Mw. Metode yang digunakan adalah metode respons seismik dengan perambatan gelombang di setiap perlapisan tanah dipadukan dengan metode elemen hingga. Berdasarkan hasil analisis respon seismik diperoleh nilai Peak Ground Acceleration (PGA) setiap lapisan sebesar 0,086g hingga 0,237g. Nilai PGA pada lapisan permukaan sebesar 0,237g dan PGA pada lapisan pondasi diletakkan sebesar 0,194g. Gelombang gempa pada lapisan pondasi diletakkan kemudian digunakan dalam menganlisis respons struktur. Hasil dari analisis struktur terdiri dari gaya-gaya dalam dan potensi elemen struktur yang mengalami perlemahan. Kondisi struktur setelah diberikan beban gempa menunjukkan elemen yang tidak aman yaitu pada balok lantai 1. Elemen struktur yang tidak aman tersebut dapat dilakukan perbaikan dengan metode retrofitting. Metode perkuatan (retrofitting) dengan concrete jacketing dalam menambah jumlah tulangan lentur 6D16 dengan presentase penambahan dimensi sebesar 55,56% dapat meningkatkan kapasitas geser balok yang mengalami perlemahan. Kata-kata kunci : Kota Bengkulu, gempa bumi, respon seismik, percepatan gempa, percepatan spektra, metode elemen hingga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:37
Last Modified: 22 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item