ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH PEAR PACKHAM (Studi Kasus di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah di Kota Bengkulu)

Aren, Shinta Agustin and Nyayu, Neti Arianti and Redy, Badrudin (2023) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH PEAR PACKHAM (Studi Kasus di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi ASA 16012023 - Aren Shinta Agustin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

adanya kandungan gizi, sumber vitamin dan mineral untuk tubuh. Mengkonsumsi buah dapat menjaga kesehatan tubuh terutama dalam buahnya terdapat vitamin dan manfaat, buah pear packham sendiri mempunyai nilai gizi yang cukup baik diantaranya adalah kalium, serat pangan, vitamin C, vitamin K dalam mengkonsumsi buah pear bisa memenuhi 19,8 persen kebutuhan tubuh dan akan serat pangan setiap hari. Komoditas buah impor yang digemari masyarakat salah satunya adalah buah pear. Buah pear Packham Pyrus Bretschneideri berbentuk lonjong seperti jambu, dengan warna hijau dan kuning mengandung air dan manis, serta memiliki manfaat seperti potassium yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, ini juga berperan sekali untuk menyehatkan jantung.Tetapi peningkatan kebutuhan buah ini tidak didukung oleh hasil produksi buah dalam negeri yang dapat memenuhi kebutuhan buah masyarakat yang ada di Indonesia. Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah merupakan bergerak pada perdagangan buah impor dan lokal di Bengkulu sehingga menjadi pusat perbelanjaan buah yang diminati oleh masyarakat Bengkulu,. Lokasi Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah berada di tengah perkotaan dan mudah dijangkau. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana sikap konsumen terhadap pembelian buah pear Packham pada Supermarket Hypermart dan toko Nayla Buah di Kota Bengkulu. 2)Bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian buah pear Packham pada Supermarket Hypermart dan toko Nayla Buah di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada dua lokasi yang menjual buah. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Supermarket Hypermart Kota Bengkulu yang berada di JL. Putri Gading Cempaka Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu dan Toko Nayla Buah yang berada di JL. Dempo Raya Kelurahan Sawah Lebar Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu yang dipilih secara sengaja (purposive). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Accidental Sampling yaitu sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk melihat sikap dan perilaku konsumen buah Pear Packham di Kota Bengkulu ini menggunakan analisis deskriptif, skala likert, dan analisis multi atribut fishbein. Konsumen buah Pear Packham memiliki sikap yang positif, netral dan negatif terhadap atribut-atribut yang ada pada pembelian buah Pear Packham di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah. Adapun atribut-atribut yang ada didalamnya yaitu harga, kualitas, kuantitas, ketersediaan, tata ruangan, lokasi, fasilitas, kenyamanan pasar, keadaan tempat parkir, kecepatan dalam melayani, jujur dalam melayani, informasi tentang pasar, keamanan pasar dan menghargai konsumen. Nilai total konsumen sebesar Supermarket Hypermart 7,27 dan Toko Nayla Buah 7,03 berarti positif, karena konsumen setuju dengan atribut-atribut yang ada didalamnya. Sedangkan nilai untuk perilaku konsumen adalah sebesar Supermarket Hypermart 4,98 dan Toko Nayla Buah 4,65 hal ini menunjukan bahwa perilaku konsumen positif terhadap buah Pear Packham. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu sikap konsumen dan norma subjektif, didalam norma subjektif terdapat keyakinan normatif dan motivasi di dalamnya keyakinan normatif dan motivasi terdapat atribut didalamnya yaitu keluarga, teman dan media sosial. Hasil yang positif tersebut menunjukan bahwa perilaku konsumen terhadap buah Pear Packham di Supermarket Hypermart dan Toko Nayla Buah adalah loyal. Hal ini berarti, konsumen akan datang membeli dan mengkonsumsi lagi buah Pear Packham. Kata Kunci: buah Pear Packham, Sikap, Perilaku Konsumen, Supermarket Hypermart, Toko Nayla Buah, Likert, Fishbein.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:51
Last Modified: 22 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20389

Actions (login required)

View Item View Item