KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN PERAN PEREMPUAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN RUMAH TANGGA (STUDI : PEREMPUAN PEDAGANG LAPAK SAYUR DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU)

Dessy, Pratiwi Sukma and M Mustopa, Romdhon and Gita, Mulyasari (2023) KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN PERAN PEREMPUAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN RUMAH TANGGA (STUDI : PEREMPUAN PEDAGANG LAPAK SAYUR DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran wanita dalam pengambilan keputusan digunakan untuk mengetahui bagaimana keputusan-keputusan ditentukan baik oleh pria maupun wanita, khususnya dalam mendapatkan dominasi relatif dari pria atau wanita dalam memutuskan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan dan kesejahteraan rumah tangga. Hal ini membawa dampak terlebih pada peranan wanita dalam kehidupan rumah tangga. Dalam hal ini mempertimbangkan jumlah sumbangan yang diberikan, maka peran perempuan harus lebih erat dikaitkan ke dalam pengambilan keputusan rumah tangganya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menghitung kontribusi pendapatan serta menganalisis peran wanita pedagang sayur dalam pengambilan keputusan dalam rumah tangga di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang dilakukan dengan wawancara secara langsung pada responden, dan data sekunder dengan membaca dan menguntip dari pustaka yang relevan. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran wanita dalam pengambilan keputusan keluarga memiliki peran penting dalam segala aspek Aktivitas yaitu Aktivitas domestik, produktif serta sosial. Kontribusi pendapatan wanita pedagang sayur yang disumbangkan pada pendapatan rumah tangga yaitu sedang sebesar Rp.2.248.110/bulan dengan persentase 54%. Kata Kunci: Wanita pedagang sayur, kontribusi pendapatan, peran pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:55
Last Modified: 22 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item