PEMETAAN b VALUE UNTUK IDENTIFIKASI KERENTANAN WILAYAH TERHADAP GEMPABUMI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEPADATAN PENDUDUK DI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Harlianto, Budi and mukhammad, Farid (2018) PEMETAAN b VALUE UNTUK IDENTIFIKASI KERENTANAN WILAYAH TERHADAP GEMPABUMI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEPADATAN PENDUDUK DI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Project Report. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Project Report)
2. PEMETAAN b VALUE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat kerapuhan batuan (b value) merupakan parameter seismisitas yang dapat digunakan untuk menentukan daerah-daerah yang berpotensi menimbulkan gempabumi merusak pada masa akan datang sebagai usaha mitigasi bencana gempabumi. Penelitian mengenai b value dengan memepertimbangkan kepadatan penduduk di Kabupaten Bengkulu Utara bertujuan untuk mengetahui kerentanan suatau wilayah terhadap bencana gempabumi. b value dikaji berdasarkan data gempabumi yang pernah terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara dan sekitarnya (tahun 1987–2017) didownload dari web USGS, sedangkan data kepadatan penduduk didownload dari web BPS Kabupaten Bengkulu Utara. Data kejadian gempabumi beserta atributnya kemudian clustering menjadi 12 cluster, setiap cluster dihitung magnitudo rata-rata dan magnitudo terkecilnya yang digunakan untuk menghitungan b value (persamaan Utsu (1965) dikenal dengan metode Estimasi Maksimum Likelihood (MLE)). Kemudian dibuat peta kontur sebaran b value dioverlay dengan sebaran kepadatan penduduk di Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil penelitian menunukan magnitudo rata-rata berkisar antara Mw = 5,3 sampai Mw = 5,7, magnitudo terkecil (Mw = 4,9) terdapat pada cluster 5. b value di Kab. Bengkulu Utara berkisar antara 0,7 (cluster 1) sampai 3,9 (cluster 12). Hasil overlay b value dengan kepadatan penduduk, wilayah yang paling rentan terhadap bencana gempabumi adalah cluster 9 (Kecamatan Lais) sedangkan wilayah yang aman terdapat pada cluster 3 (Kecamatan Napal Putih).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:05
Last Modified: 23 Jan 2020 12:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item