PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH BERTINGKAT DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus: Gedung Sekolah SMA Negeri dan SMK Negeri di Kota Bengkulu)

Abdul, Hamid and Annisa, Fitria Edriani and Khairul, Amri (2023) PENILAIAN KERUSAKAN BANGUNAN GEDUNG SEKOLAH BERTINGKAT DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus: Gedung Sekolah SMA Negeri dan SMK Negeri di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Audio (Thesis)
SKRIPSI ABDUL HAMID G1B019022 - Abdul Hamid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Bertambahnya usia bangunan sekolah akan menyebabkan penurunan kualitas dan kemampuan bangunan sehingga perlu dilakukan penilaian untuk menentukan tingkat kerusakan bangunan. Tujuan dari Penelitian ini untuk mendapatkan persentase kerusakan bangunan gedung sekolah menengah atas, kondisi bangunan gedung sekolah dan kriteria pemeliharaan serta solusi akibat terjadinya kerusakan. Objek dalam penelitian ini adalah ruang kelas yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar pada sekolah tersebut. Metode yang digunakan penilaian kondisi bangunan melalui kegiatan survei langsung di lapangan, dilanjutkan dengan melakukan analisis pembobotan untuk mendapatkan data tingkat kerusakan serta menganalisis hasil persentase kerusakan dengan menggunakan metode indeks kondisi. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa dari 5 gedung Sekolah di Kota Bengkulu terdapat satu mengalami rusak sedang dan empat lainnya mengalami rusak ringan, diperoleh rata-rata persentase kerusakan yaitu, SMKN 1 Kota Bengkulu 9,506%, SMKN 3 Kota Bengkulu 9,023%, SMAN 2 Kota Bengkulu 11,103%, SMAN 5 Kota Bengkulu 6,25% dan SMAN 7 Kota Bengkulu 23,93%. Kriteria pemeliharaan dan solusi bangunan gedung SMA 7 Kota Bengkulu yaitu perlu dibuat analisis untuk menentukan tindakan alternatif untuk perbaikan dan penanganan yang tepat, sedangkan gedung SMKN 3, SMAN 2, SMAN 5 dan SMKN 1 memerlukan detail evaluasi untuk melakukan tindakan perbaikan. Penelitian ini juga di harapkan dapat memberi gambaran tentang kerusakan yang terjadi pada Gedung Sekolah di Kota Bengkulu. Kata Kunci : Indeks Kondisi, Gedung Sekolah, Tingkat Kerusakan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:00
Last Modified: 22 Aug 2024 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item View Item