IMPLEMENTASI ANALISIS RESPONS SEISMIK DALAM MENGAMATI KETAHANAN STRUKTUR GEDUNG OLAH RAGA UNIVERSITAS BENGKULU SAAT BENCANA GEMPA BUMI BESAR DI KOTA BENGKULU

Della, Gustina and Lindung, Zalbuin Mase and Fepy, Supriani (2023) IMPLEMENTASI ANALISIS RESPONS SEISMIK DALAM MENGAMATI KETAHANAN STRUKTUR GEDUNG OLAH RAGA UNIVERSITAS BENGKULU SAAT BENCANA GEMPA BUMI BESAR DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DELLA GUSTINA G1B019020 - della gustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Gedung Olah Raga Universitas Bengkulu (GOR UNIB) merupakan salah satu prasarana yang dibangun sebagai penunjang mahasiswa dalam mengembangkan bakat dibidang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan bangunan GOR UNIB ketika terjadi kembali gempa bumi besar di Kota Bengkulu menggunakan analisis respons seismik. Gelombang gempa sintetis Bengkulu-Mentawai 2007 dengan kekuatan 8,6 Mw digunakan dalam analisis perambatan gelombang gempa satu dimensi nonlinear dengan pemodelan Pressure Dependent Hyperbolic (PDH). Hasil analisis menghasilkan nilai Peak Groud Acceleration (PGA) pada permukaan tanah sebesar 0,165g dan pada lapisan fondasi sebesar 0,149g. Hasil perbandingan nilai PGA yang didapat dengan PGA input motion menghasilkan faktor amplifikasi sebesar 1,10 pada lapisan permukaan dan 1,0 pada lapisan fondasi. Parameter percepatan gempa atau PGA pada lapisan fondasi digunakan sebagai input data menggunakan metode elemen hingga untuk memeriksa ketahanan bangunan GOR UNIB yang memiliki bangunan 3 lantai. Hasil analisis struktur gedung GOR UNIB memberikan informasi berupa nilai gaya-gaya dalam dan elemen struktur yang mengalami perlemahan yaitu berupa 9 elemen balok pada lantai 2 yang disebabkan adanya overstress. Elemen yang mengalami perlemahan dilakukan perbaikan dan perkuatan atau retrofitting, dengan cara menambahkan dimensi balok sebesar 61,9 % dan tulangan polos sebesar 16 mm. Struktur bangunan menjadi aman setelah retrofitting dilakukan. Kata-kata kunci : GOR UNIB, analisis respons seismik, PGA, metode elemen hingga, retrofitting.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:07
Last Modified: 22 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20400

Actions (login required)

View Item View Item