ANALISIS KEBUTUHAN AIR IRIGASI MENGGUNAKAN METODE CROPWAT VERION 8.0 (Studi Kasus Pada Daerah Irigasi Padang Segaro Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah)

Novia, Rahmadani and Gusta, Gunawan and Besperi, Besperi (2023) ANALISIS KEBUTUHAN AIR IRIGASI MENGGUNAKAN METODE CROPWAT VERION 8.0 (Studi Kasus Pada Daerah Irigasi Padang Segaro Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NOVIA RAHMADANI (G1B019003) - Novia Rahmadani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul pada daerah Irigasi Padang Segaro ini adalah lokasi bendung yang berbatasan langsung dengan aliran sungai, sehingga menyebabkan kebocoran pada bendung akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Bengkulu Tengah serta pola tanam dan tata letak lahan yang tidak sesuai dengan aliran air dari bendung Sukarami yang menjadi sumber air untuk kebutuhan irigasi di areal persawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan air yang diperlukan irigasi Padang Segaro dalam memenuhi kebutuhan air selama masa tanam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Cropwat Version 8.0 dan perhitungan manual sesuai dengan panduan KP-01. Hasil dari menggunakan metode Cropwat Version 8.0 adalah daerah irigasi Padang Segaro membutuhkan total air irigasi sebesar 29,69 mm/hari atau sama dengan 5,66 lt/detik/hari, dengan kebutuhan air irigasi maksimum terjadi pada musim tanam periode I dan III pada bulan Februari dan September sebesar 0,098 m /detik dalam periode 10 hari pertama untuk tanaman padi dengan penetapan pola tanam Padi-Palawija-Padi. Sedangkan untuk perhitungan dan penetapan pola tanam dengan meggunakan perhitungan manual berdasarkan KP-01 diperoleh kebutuhan air total sebesar 2,66 m /detik atau sama dengan 21,25 lt/detik/hari dengan kebutuhan air irigasi maksimum terjadi pada musim tanam periode III pada bulan September sebesar 0,32 m /detik dalam periode 15 hari pertama untuk tanaman padi dengan penetapan pola tanam Padi-Palawija-Padi. Penetapan pola tanam dengan menggunakan cropwat dan perhitungan manual berdasarkan KP-01 dilakukan berdasarkan curah hujan efektif yang dihasilkan. Kata Kunci : Kebutuhan Air Irigasi, Padang Segaro, Cropwat, KP-01

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:46
Last Modified: 22 Aug 2024 04:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item View Item