PERJANJIAN KERJASAMA ATAS TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA DENGAN PT. AGRO MUKO DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT DI DESA SUNGAILINTANG KECAMATAN V KOTO KABUPATEN MUKOMUKO

HERU, SIMBOALESI and Emilia, Kontesa and Hamdani, Ma’akir (2019) PERJANJIAN KERJASAMA ATAS TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA DENGAN PT. AGRO MUKO DALAM PENGELOLAAN KEBUN KELAPA SAWIT DI DESA SUNGAILINTANG KECAMATAN V KOTO KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI HERU SIMBOALESI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Perjanjian Kerjasama Atas Tanah Kas Desa Antara Pemerintah Desa Dengan PT. Agro Muko Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit di Desa Sungai Lintang Kecamatan V Koto Kabupaten Mukomuko. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kerjasama pengelolaan kebun kelapa sawit yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan pihak PT. Agro Muko. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaain pelanggaran terhadap kasus pencurian yang dilakukan oleh pegawai tanah kas desa.. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah wawancara dan pengumpulan data sekunder yang berhubungan dengan judul penelitian. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kualitatif yaitu dengan cara interpretasi berdasarkan pada ketentuan peraturanperundng-undangan , teori hukum, dan pendapat ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian yang dilak oleh pemerintah desa dengan pihak PT. Agro Muko adalah perjanjian bawah tangan tanpa melibatkan notaris. (2) Proses penyelesaian pelanggaran terhadap kasus pencurian yang dilakukan oleh karyawan Kas Masyarakat adalah penyelesaian yang dilakukan secara hukum adat yang berlaku di Desa Sungai Lintang yaitu hukum adat turunan dari hukum adat Minang. Hal ini dikarenakan penduduk asli desa Sungailintang Berasal dari Sumatera Barat. Kata Kunci: Perjanjian tanah Kas Desa Pemerintah desa dengan PT.AgroMuko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:34
Last Modified: 22 Aug 2024 08:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item